۩©√Ls™√©۩ UNTUK KURSUS SERVICE HP HUBUNGI : 081366574266 ۩©√Ls™√©۩

Selasa, 13 Juni 2017

CARA MEMPERBAIKI IC eMMC REPAIR ANGKAT GANTI UFS ( Embedded Multi-Media Controller )

IC eMMC  Embedded Multi-Media Controller   : www.lampungservice.com : KTouch, Hitech, MyG, IMO, eTouch, Taxco, Beyond, Startech, Asiaphone, Mito, Mixcon, Tocall, S-Nexian, Cross Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo, Oppo, ZTE Acer, Asus,
JTAG EMMC Tool Schematic Diagram
Terhubung PCB
HTC, ben Q, Samsung, LG , Apple , iPhone, Motorolla , RIM, Blackberry, Nokia Siemens ,Alcatel, Sagem, Philips,Vertu Ti ,Ninetology, CSL Blueberry ,Micxon, OliveSmart, Idea Sebelum kepada Cara Memperbaiki Ic eMMc Kita fahami dahulu apa itu eMMc ? eMMC adalah kepanjangan dari Embedded Multi-Media Controller, sebuah media penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana mendia penyimpanan dan media controller itu terdapat dalam satu chip. Teknologi eMMC belum lama dikembangkan, sebelum menggunakan eMMC diperlukan controller khusus untuk membaca dan menulis data yang dikontrol dengan CPU dan di simpan dalam satu tempat sehingga kinerja CPU terkuras lebih banyak. Seiring perkembangan, kemungkinan penuhnya penyimpanan akan semakin penuh, dan ketika sudah penuh, kinerjanya sendiri akan semakin menurun, maka dari itu eMMC dikembangkan sebagai metode standar untuk building controller, artinya pengontrolan penyimpanan dilakukan oleh eMMC itu sendiri, tidak mengandalkan dari CPU lagi.  IC atau Otak yang berfungsi sebagai sarana media penyimpanan pada ponsel smartphone Android. disamping itu pula, EMMC ic juga pasti akan dilengkapi dengan controller yang berfungsi sebagai pengatur serta memanage (mengelola) dirinya sendiri, hal ini akan berbeda dengan IC Flash yang biasanya sifatnya hanya digunakan untuk media penyimpanan saja.

Penggunaan eMMC :
Baca Juga :  Kursus Service HP
Biasanya eMMC digunakan di perangkat elektronik seperti smartpone,kamera, tablet, sistem navigasi, dan pemutar media.

sehingga tentunya masih membutuhkan IC tambahan sebagai pendorong IC FLASH tersebut yaitu "Processor" yang berguna untuk mengatur, mengontrol serta menulis isi yang di terima oleh IC FLASH.

maka dalam kualitas IC EMMC masih berda jauh lebih tinggi do bandingkan dengan IC flash yang mampu memenuhi dunia teknologi seperti kamera , smartphone ,tablet , dan perangkat teknologi lainnya.

JTAG EMMC Tool Schematic Terhubung PCB

Secara structur IC EMMC terdiri dari dua bagian yaitu Nand Flash IC dan CONTROLLER yang fungsinya adalah untuk mengatur IC Nand Flash tersebut. dan yang paling simpel adalah Nand Flash dan controller / procesor ini di jadikan satu bagian sehingga jika salah satu bagian tersebut mengalami kelemahan atau kerusakan maka harus di ganti semua karena memang tergabung dan tidak dapat dipisahkan salah satunya.

Dalam tahun - tahun ini EMMC lebih banyak digunakan pada teknologi smartphone android dikarenakan simple dan juga kapasitas serta kecepatannya yang lebih unggul jika dibandingkan dengan yang lainnya, yang mampu menyuguhkan kualitas yang smart dan high quality. namun seperti yang mimin katakan bahwa secaggih-canggihnya teknologi , suatu saat akan ada masa berakhirnya. dan berikut adalah tanda - tanda IC EMMC di ponsel android kalian lemah / rusak dan perlu di ganti.


Tanda - tanda IC EMMC amdroid lemah atau rusak versi Arahmath Cell
  1. WIPE atau Factory Reset di Android selalu Gagal - mungkin ketika kalian akan melkukan factory setet melalui data recovery menu selalu mengalami kegagalan recovery atau mungkin berhasil , tapi tetap saja tidak dapat berhasil terformat dengan baik.
  2. jika di Flashing Mengalami kegagalan - android selalu gagal di Flashing meskipun cara dan bahan yang digunakan sudah benar tanpa ada kesalahan sedikitpun. di bawah ini adalah salah satu sample dari kegagalal FLASHING dikarenakan IC EMMC-nya mengalami kelemahan atu rusak. 
  3. BROM ERROR : S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE(5069)- Mungkin saat kalian melakukan flashing dengan SP Flashtool terlebih kususnnya jenis Smartphone android dengan Chipset MTK muncul notifikasi tersebut. LOG tersebut memberikan notifikasi bahwa proses untuk FLASHING tidak dapat di lanjutkan karena IC EMMC sudah lemah / rusak atau mungkin sudah penuh. tapi jika mungkin anda ingin mengganti IC EMMC yang baru maka mungkin lakukan Format terlebih dahulu jika mungkin masih bisa ditolong dan normal kembali. caranya: BUKA FLASHTOOL VERSI 5 Atau yang terbaru lalu LOAD SCATTER File , dan kemudian FORMAT serta Flashing Ulang lagi. Barang kalimasih dapat ditolong dan bisa digunakan lagi meski sudah lemah agar mungkin bisa kalian jual sebelum benar rusak emmc pada android kalian.
  4. Upgrade Selalu Gagal - pada dasarnya ada 2 media di dalam Emmc yakni Nand Flash dan Controller Nand Flash saat akan melakukan proses Upgread berarti tugas kalian adalah menulis dan menghapus semua data yang terdapat pada partisi OS yang ada pada IC Flash dan di Controller langsung ke dalam Emmc tersebut, jika salah satunya ada yang mengalami kerusakan , maka proses penulisan ROM ke dalam Nand flash secara otomatis akan gagal dilakukan, begitupun kebalikannya.
  5. Installasi setiap aplikasi baru selalu gagal - ini semua disebabkan oleh IC EMMC yang error atau semakin melemah atau bahkan mungkin rusak yang mengakibatkan EMMC error write akibat dari Nand Flash yang tidak dapat di tulis ulang oleh Controller yang tergabung di EMMC.
  6. Sering hang atau reboot meski menggunakan OS Official - android smartphone kalian mengalami hang atau rebooting sendiri, padahal ponsel smartphone android kalian saat ini hanya menggunakan OS bawaan (official) yang berarti bahwa media penyimpanan pada OS sudah tidak bekerja dengan baik dan maksimal atau sering disebut dengan BAD BLOCK.
  7. Sering muncul pesan/ notifikasi "sayangnya aplikasi terhenti" - Log seperti ini biasanya di akibatkan oleh controller pada EMMC yang lemah atau mungkin sudah rusak sehingga tidak dapat menjalankan sebuah aplikasi dengan semestinya, dan menandakan bahwa perlu adanya tindaklanjut untuk minta ganti EMMC baru.

Bagaimana Cara Check IC EMMC Dalam Kondisi Baik Atau Tidak Dengan Menggunakan Aplikasi yang ada :
  1. Download apk EMMC Brickbug Check di playstore bisa atau cari di google
  2. kemudian buka aplikasi tersebut dan silahkan kalian berikan Grant atau ijin pada super user
  3. Kemudian lanjutkan dengan membuka Aplikasi EMMC BRICKBUG Check
  4. dan disaat, apliksai terbuka informasi tentang EMMC chipakan tampil, misalkan saja tipe : SAMSUNG08G
  5. DAN untuk melakukan pengecekan , silahkan anda menuju ke pilihan menu check memory
  6. Dan proses pengecekan akan segera dijalankan oleh apliksi tersebut
  7. dan tentunya kalian bisa melihat semua hasilnya
  8. jika hasil yang dihasilkan seperti pada gambar di atas , maka itu menadakan bahwa EMMC ponsel android anda dalam keadaan sehat dan baik tanpa ada kerusakan software atau kerusakan teknis.