Pengertian Resistor, Jenis dan Fungsi Resistor (LENGKAP)

Pengertian Resistor, Jenis dan Fungsi Resistor (LENGKAP)
5 (100%) 1 vote

Pengertian Resistor, Jenis dan Fungsi Resistor (LENGKAP) apa itu resistor ? Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian.

Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. Dari hukum Ohms diketahui, resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melaluinya.

Satuan untuk resistansi pada resistor disebut Ohm dengan simbol Ω (Omega). Untuk menyatakan resistansi sebaiknya disertakan batas kemampuan dayanya. Umumnya berbagai jenis pada resistor dibuat dari bahan dan sifat atau karakteristik yang berbeda.

Spesifikasi lain yang perlu diperhatikan dalam memilih resitor pada suatu rancangan selain besar resistansi adalah besar watt-nya. Akibat dari resistor yang bekerja dengan konsep dialiri arus listrik, maka akan terjadi suatu kondisi yang disebut disipasi daya berupa panas sebesar W=I2R Watt.

Semakin besar fisik atau ukuran dari suatu resistor maka hal ini akan berbanding lurus dengan semakin besar kemampuan disipasi daya resistor tersebut. Umumnya di pasar tersedia ukuran 1/8, 1/4, 1, 2, 5, 10 dan 20 watt. Resistor yang memiliki disipasi daya dari 5, 10 hingga 20 watt umumnya memiliki bentuk fisik atau berbentuk kubik memanjang persegi empat yang berwarna putih, meskipun juga terdapat bentuk lain seperti berbentuk silinder. Tetapi umumnya untuk jenis resistor yang berukuran lebih besar (jumbo) nilai resistansi dicetak langsung dibadannya sehingga dapat terlihat, misalnya 100Ω 5W.

Pada Elektronik Handphone Resistor memiliki pengertian lainnya  serta istilah lainnya namjn sedikit sama dengan bahasa elektronik , seperti Tahanan listrik dalam bidang elektronika disebut juga resistor atau resistence. Dalam bahasa belanda dikenal dengan nama Werstand. Tahanan listrik adalah komponen yang paling banyak dipergunakan dalam rangkaian elektronika ,hal ini di sebabkan karena sifat dan fungsi dari tahanan itu sendiri. Besar kecilnya nilai tahanan dapat dinyatakan dengan satuan Ohm atau ditulis dengan huruf latin Ω (omega) dan notasinya ditulis dengan huruf R. Bentuk fisik dari tahanan adalah seperti pada gambar di bawah ini.

Beberapa fingsi serta kegunaan resistor bagi struktur komponen elektronika handphone antara laon sebagai berikut :

Fungsi dari pemasangan tahanan (resistor) dalam suatu rangkaian adalah:

* sebagai pembatasan atau pengatur arus.

* Sebagai pengatur tegangan.

* Sebagai pembagi tegangan.

UNTUK KURSUS SERVICE HP HUBUNGI : CV Lampung Service 081366574266 / WhatsApp Jalan Raya Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange